Cipta Grafika, Jasa Percetakan Nomor 1 di Karawang!

Pengiriman Seluruh Indonesia 🇮🇩
ANDIEN (customer service)

(+62) 822 5222 2307

jenis kertas kalkir

Kertas kalkir – Banyak jenis kertas yang bisa Anda pilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Saat Anda memilih warna, ketebalan, serta tekstur permukaan kertas yang tepat maka jenis kertas tersebutlah yang menjadi pilihan kertas yang tepat untuk kebutuhan Anda. Salah satu kertas yang biasa digunakan untuk keperluan bisnis adalah kertas kalkir. Lalu, apa itu kertas kalkir?

 

Pengertian Kertas Kalkir

Kertas kalkir adalah kertas tembus pandang yang mirip dengan kertas HVS. Penggunaan jenis kertas ini biasanya untuk desainer karena dapat membantu pekerjaan mereka agar lebih mudah. Kertas kalkir memiliki permukaan yang baik untuk desain warna dan dapat menerima segala jenis pensil serta dapat Anda hapus seperti di kertas biasa. 

 

Fungsi Kertas Kalkir

Jenis kertas ini memiliki fungsi untuk mempermudah menyelesaikan proyek pekerjaan mereka. Biasanya kertas kalkir menjadi bagian terakhir saat penyelesaian proyek desainer seperti pembangunan rumah, pembuatan film, atau pencetakan film. Kertas kalkir ini juga bisa untuk industri percetakan. 

 

Baca juga: Apa Itu Laminasi Panas dan Laminasi Dingin?

 

Ukuran Kertas Kalkir

Seri A0

Jenis kertas kalkir dengan ukuran A0 memiliki ukuran 84,1 x 118,9 cm atau 841 x 1189 mm. Dalam seri A0, ada dua jenis kertas kalkir. Dua kertas kalkir yang termasuk dalam ukuran seri A0 ada kertas polos dan kertas diamante. Kertas seri A0 ini juga bisa untuk pelapis alat elektronik, perlengkapan kantor, hobi dan koleksi, serta kebutuhan rumah tangga. 

 

Seri A1

Ukuran kertas kalkir seri A1 adalah 59,4 x 84,1 cm atau 594 x 841 mm. Sama dengan ukuran kertas kalkir seri A0, jenis kertas kalkir yang termasuk ke dalam ukuran seri A1 ada dua yaitu kertas polos dan kertas diamante. Kertas kalkir dengan ukuran seri A1 juga ada dalam bentuk format roll plotter. Fungsi kertas kalkir ukuran seri A1 sama dengan seri A0 yaitu untuk pelapis alat elektronik, perlengkapan kantor, hobi dan koleksi, serta kebutuhan rumah tangga. 

 

Seri A2

Seri A2 memiliki ukuran 42 x 59,4 cm atau 420 x 594 mm. Dan sama dengan ukuran kertas kalkir ukuran seri A0 dan seri A1 yang memiliki dua jenis kertas kalkir yaitu kertas polos dan kertas diamante.  Penggunaan kertas kalkir seri A2 juga sebagai roll plotter. Selain itu, kertas kalkir seri A2 juga untuk untuk keperluan kantor terutama bagian stationary, perlengkapan pesta, hingga untuk hobi crafting. 

 

Seri A3

Dengan ukuran 29,7 x 42 cm atau 297 x 420 mm, kertas kalkir seri A3 biasanya untuk film sablon. Biasanya melakukan pengerjaan film sablon pada screen afdruk. Penggunaan kertas kalkir seri A3 ini bias untuk proses pembuatan tulisan pada kaos, stiker undangan, sampai dengan stempel warna.   

 

Seri A4

Ukuran seri A4 ini adalah ukuran kertas kalkir yang penggunaannya biasanya untuk percetakan, penerbitan, dan masih banyak lagi. Selain itu, ukuran A4 ini biasanya untuk merancang desain atau gambar. Kertas kalkir seri A4 memiliki ukuran 21 x 29,7 cm atau 210 x 297 mm.

 

Baca juga: Jenis Desain Grafis Yang Perlu Anda Tahu!

 

Jenis kertas ini memiliki karakteristik yang unik, yaitu kertas kalkir memiliki permukaan yang mirip seperti kertas yang ketumpahan minyak. Dengan begitu, Anda dapat membedakan kertas kalkir ini dengan jenis kertas lainnya. Anda bisa membeli kertas kalkir di toko buku dan percetakan. Selain itu Anda juga bisa menemukan kertas kalkir di toko online di website maupun marketplace kesayangan Anda. 

Tagged

One Response

  1. […] Baca juga: Jenis Kertas Kalkir, Fungsinya, dan Berbagai Ukurannya […]

Leave a Reply

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
Register

Lost Password

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close
Close
Shopping cart
Close
Wishlist